Tips Mengatasi Warna Kulit Wajah Yang Belang

Tips Mengatasi Warna Kulit Wajah Yang Belang – Risih rasanya ketika sedang bercermin dan mendapati warna kulit wajah kita terlihat tidak merata alias belang. Meski kulit wajah yang belang bukan menunjukan kondisi masalah kesehatan yang serius, namun tetap saja membuat penderitanya menjadi kurang percaya diri apalagi, wajah adalah bagian yang paling sering dilihat orang lain.

Tips Mengatasi Warna Kulit Wajah Yang Belang

Bagaimana kulit wajah belang bisa terjadi dan apa saja penyebabnya, mungkin belum semua orang mengetahuinya. Untuk itu dalam artikel kali ini akan dibahas apa saja yang menjadi penyebab kulit wajah belang atau tidak merata itu.

  • Bintik matahari (lentigo surya). Bagi seseoarang yang sering beraktivitas diluar ruangan, terkena paparan sinar matahari langsung dalam waktu yang cukup lama adalah hal yang biasa. Namun jika hal ini terus berlangsung maka bukan tidak mungkin perlahan akan muncul bintik-bintik hitam pada kulit wajah yang makin lama akan semakin menyebar dan menjadikan permukaan kulit wajah terlihat belang. Hal yang paling umun bisa dilihat pada wanita berjilbab yang tidak atau jarang menggunakan tabir surya, kulit yang belang akan tampak jelas pada bagian pipi batas antara bagian yang tertutup jilbab dengan yang tidak.
  • Melasma, umumnya dialami wanita yang berusia 20 tahun ke atas. Selain itu melasma juga biasa dialami wanita yang tengah mengandung. Melasma ditandai dengan munculnya warna kecoklatan dan bintik-bintik abu pada kulit wajah. Melasma terkait dengan perubahan hormon yang terjadi pada tubuh wanita serta pengaruh sinar matahari.
  • Vitiligo. Berbeda dengan lentigo surya dan melasma, vitiligo justru ditandai dengan munculnya bercak-bercak berwarna putih di permukaan kulit. Munculnya bercak-bercak putih ini disebabkan karena rusaknya sel-sel produsen pigmen kulit karena gangguan autoimun. Sampai saat ini diketahui bahwa vitiligo belum ada obatnya.
  • Albino merupakan kondisi langka dimana seseorang terlahir tanpa memiliki enzim penghasil melanin yang merupakan pemberi warna pada kulit.
  • Luka. Beberapa luka seperti bekas infeksi, terbakar, dan lecet dapat menyebabkan kulit wajah terlihat belang. Namun untungnya perubahan warna pada kulit akibat luka tidak bersifat permanen dan perlahan bisa disembuhkan seiring waktu.

Tindakan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit wajah yang belang tentu akan berbeda antara penyebab yang satu dengan yang lainnya. Namun hal termudah yang bisa dilakukan adalah dengan tidak lupa menggunakan tabir surya yang mengandung SPF yang cukup ketika hendak beraktivitas di luar ruangan. Untuk kulit belang yang disebabkan karena kelainan genetik, tentu pengobatannya harus dengan pemantauan atau hasil konseling dengan dokter ahli agar tidak mempengaruhi psikologis penderitanya.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan cream untuk meratakan kulit yang belang. Cream seperti ini banyak dijual dipasaran, sebelum menggunakan cream wajah untuk meratakan kulit yang belang pastikan kalau cream tersebut tidak mengandung zat kimia berbahaya yang justru dapat memperparah kerusakan pada wajah. Cara termudah untuk mengetahuinya adalah dengan memastikan cream wajah tersebut telah terdaftar atau memiliki nomor registrasi BPOM. Salah satu contoh produknya adalah LIYOSKIN.

Tips Mengatasi Warna Kulit Wajah Yang Belang